Aplikasi yang dapat mendukung Kerja Dari Rumah (Work From Home) & Kerja Jarak Jauh (Remote)

Wabah Covid-19 (Virus Corona) menjadikan semua orang diseluruh dunia untuk sementara waktu harus menerapkan sistem Work From Home atau Bekerja dari rumah, untuk mencegah penularan virus ini.

Nah, saya akan berbagi beberapa aplikasi yang benar-benar membantu saya dan teman-teman di kantor untuk bekerja dari rumah.

1. Zoom Meeting (Rapat Online)

Yap, seprtinya teman-teman sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, semenjak diberlakukan sistem kerja dari rumah, aplikasi ini langsung terkenal dan digunakan banyak orang. Tidak heran, sebab diantara aplikasi-aplikasi lain yang sejenis, Zoom adalah layanan yang paling simpel dan mudah digunakan (ini berdasarkanpengalan saya, belum mencoba aplikasi lain hehe). Dan kabarnya CEO Zoom kaya mendadak karena peningkatan jumlah pengguna layanan ini.

Aplikasi lain yang juga dapat di coba adalah Skype, Google Hangout, Microsoft Teams, dan WhatsApp Video Call ūüėĄ. Dan masih banyak layanan lain yang juga tidak kalah bagus.

2. Parsec (Semacam Team Viewer, Tapi Jauuuuh Lebih Ringan dan Tanpa Delay)

Selama ini, ketika berada jauh dari PC kantor, dan tiba-tiba butuh mengakses komputer dari jarak jauh, saya menggunakan aplikasi Team Viewer. Dan voilaa!, masalah teratasi. Tapi yang saya tidak suka dari Team Viewer adalah delay-nya, pergerakan cursor mouse tidak realtime, dan responnya lambat, selain itu di versi gratisnya akan selalu muncul notifikasi yang agak mengganggu di pojok kanan bawah layar. Dan belum lama ini saya menemuka aplikasi lain bernama Parsec, yang memiliki fitur sama tapi jauh lebih ringan, hampir tidak ada delay, bahkan aplikasi ini bisa dipakai untuk nge-game!, sudah terbayang kan kalau game harus butuh respon mouse dan keyboard yang cepat, aplikasi ini bisa melakukannya. Dan satu lagi, aplikasi ini GRATIS!.

3. Telegram (Aplikasi chat pengganti WhatsApp)

Untuk selalu terhubung dengan reka kerja, aplikasi untuk berkirim pesan wajib dimiliki. Masyarakat Indonesia paling banyak menggunakan aplikasi WhatsApp untuh berhubungan dengan teman atau keluarga. Namun saya lebih menyarankan menggunakan aplikasi Telegram untuk pekerjaan, karena aplikasi ini memilliki lebih banyak kelebihan yang dapat mendukung proses kerjaan kamu dibanding WhataApp.

Fitur-fitur yang saya suka dari Telegram diantaranya:

  1. Bisa dibuka di banyak device sekaligus tanpa harus mengaktifkan telegram di smartphone. Berbeda dengan WhatsApp yang hanya bisa dibuka online di satu PC serta aplikasi di smartphone juga wajib aktif untuk dapat login di PC, telegram bisa login di banyak PC atau Laptop sekaligus.Screenshot Image
  2. Gambar dan semua file yang dikirim dan diterima bisa dibersihkan untuk mengurangi penggunaan memori penyimpanan smartphone, dan jika sewaktu-waktu kita butuh, kita dapat mengunduh kembali gambar, video, atau semua file yang sudah kita bersihkan sebelumnya. Dengan kata lain Telegram bisa kita manfaatkan untuk penyimpanan cloud file-file kita. Fitur ini sangat berguna sekali terutama bagi pekerja yang sering berkirim foto, video, atau file dalam jumlah banyak dan ukuran yang besar.
  3. Telegram lebih aman dari pada WhatsApp, percakapan kita¬† di Telgram tidak akan ‘dimata-matai’ dan digunakan oleh perusahaan mereka untuk membuat target iklan. Berbeda ketika kita membahas Masker Sensi di whatsapp, seketika kita akan menemukan iklan masker di aplikasi instagram, facebook dan situs-situ website lain yang kita kunjungi, WhatsApp melihat percakapan kita!

Telegram vs WhatsApp, Mana yang Lebih Aman?

4. Toggl (Track Berapa Lama Waktu yang Kita Habiskan untuk Berkerja)

 

Toggl on all devices